Wednesday, 29 May 2013

Otoblogz: Bugatti Veyron Buklanlah “the most powerful supercar”!!!




Tentu brader semua akan menyangkal pernyataan otoblogz diatas. Itu sudah pasti, siapa yang tidak tau dengan Bugatti Veyron. Terkenal akan kecepatan dan Powernya yang maha dahsyaat, bayangkan kapasitas mesinnya 5 kali bahkan 8 kali dari mobil-mobil yang beredar di Indonesia. Dengan kapasitas mesin 8000cc W16 dan torehan powernya 1200hp. Trus knapa Otoblogz bilang Veyron itu bukan supercar yang paling powerful?? Oke.. dari segi speed memang otoblogz akui veyron paling jagonya, tapi dari segi torehan power untuk ukuran mesin berkapasitas 8000cc dan 1200hp, ooh tunggu dulu. Dengan kapasitas sebesar itu seharusnya power yang bisa dihasilkan melebihi 1500hp, apalagi dengan spek W16. Brader tau sendirikan gimana mesin dengan spek W itu. Jangankan mesin dengan konfigurasi W, mesin dengan spek V saja sudah sangat powerful.

 Mari kita mencari pembanding untuk si Veyron, Otoblogz memiliki lawan yang bisa dibilang tidak setara tapi sangat pantas untuk melawan nama besar Bugatti Veyron. McLaren, nama yang sangat terkenal di dunia F1. Mc Laren memiliki jagoan yang sangat pantas disandingkan dengan nama besar Bugatti Veyron, yaitu Mc Laren P1. Dari kapasitas mesin memang terbilang kecil jika dibandingkan dengan Veyron. P1 hanya memiliki kapasitas mesin 3800cc, dengan jenis mesin V8 twin turbo, power yang ditorehkan mencapai 727hp @7500rpm dan mendapat tambahan tenaga sebesar 176hp jika motor listriknya diaktipkan (totalnya 903hp). Bayangkan dengan kapasitas mesin setengah atau bisa dibilang lebih dari setengannya Veyron bisa menorehkan power yang lumayan gila. Jika dihitung-hitung perbandingan kapasitas mesin P1 dan Veyron  2.1 : 1, jika disetarakan antara P1 dan Veyron kapasitas mesinnya “perumpamaan” 8000cc maka P1 unggul jauh dibandingkan Veyron. Ini hitung-hitungannya, Power P1 727hp x 2.2= 1599.4hp, jadi jika P1 memiliki kapasitas yang sama dengan Veyron, maka lebih dari 300hp P1 mengungguli Veyron. Apalagi digabung dengan kekuatan motor listriknya, dahsyaaat.

Gimana dengan mesin-mesin ataupun sportcar yang lainnya, macam Ferrari (kapasitas mesin lebih besar) atau yang hampir setara (Nissan GTR).  Yang pasti inilah sportcar dengan kapasitas mesin menengah yang dapat menyaingi sportcar kelas berat dengan kapasitas 5000cc keatas macam Ferrari, lamborgini, Bugati dll.
 Sumber: majalah autoweek terbitan 18 maret 2013 dan dari pemikiran otoblogz.