Wednesday, 6 March 2013

Kenapa ya jaman gini pabrikan masih setia ama SOHC...??



Kok jaman semaju sekarang ini pabrikan motor masih mempertahankan system penggerak cam SOHC pada motor-motor produksinya ya??? Bandingkan dengan mobil-mobol keluaran baru yang sering berseliweran di jalanan, semua mesinnya sudah pada menerapkan dobel cam alias DOHC. Mulai dari mobil murah sampai yang termahal, dari mobil pick-up sampai mobil sedan sport. Hayooo jawab knapa???
Gimana juga dengan pabrikan mobil Amerika macam chevy yang masih tetap setia dengan sistem push-rod dan 2 klep??? Padahal pabrikan mobil jepang dan eropa sudah DOHC semua bahkan dengan bukaan klep sistem variable alias VVT dan ada imbuhan i’ nya lagi. Trus gimana juga dengan mobil-mobil Drag-race Amerika, rata-rata memakai mesin dengan sistem penggerak SOHC dan push-rod. Jika diamati dari torehan powernya, mesin DOHC bisa menghasilkan power yang sangat luar biasa dibandingkan SOHC ataupun mesin dengan sistem Push-rod ini. Trus apa sebabnya mereka masih percaya dengan sistem klasik ini?? Alasannya ada pada output power dan torsinyayang ada pada Rpm yang relatip rendah dibandingkan mesin-mesin DOHC, mesin DOHC rata-rata kurva powernya rendah di Rpm rendah lalu naik sedikit-demi sedikit dan meningkat tajam direntang Rpm tinggi. Lain lagi dengan mesin SOHC & Push-rod, dari Rpm bawah power dan torsinya sudah meningkat dengan sangat tajam. Inilah yang dimanfaatkan oleh Dragster Amrik, mereka tidak perlu lagi menahan gas di Rpm yang relatip tinggi saat start. Power akan keluar seketika kala injakan gas dimainkan, dan melesat bak peluru.
ni mesin balap bro, tapi masih make sistem push-rod

Kembali ke poin pembicaraan tentang masih setianya pabrikan motor akan mesin SOHC. Sama halnya dengan yang otoblogz utarakan diatas, pabrikan masih sangat setia dengan mesin SOHC dikarenakan sisi lain dari mesin SOHC. SOHC itu simpel, murah, mudah, trus enak diajak stop and go.... apalagi buat ibu-ibu kepasar.... waaah pas tuch.... masih ada pembicaraan tentang SOHC-SOHC yang lainnya di tulisan berikutnya..... jadi... SOHC lover... come to this blog again ya...